-->
LWt8LWp5NGVbNaV5MWF9NWV8LTcsynIkynwbzD1c

Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) bg 1b. Analisa bahaya

BLANTERLANDINGv101
8858981123184540158

Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) bg 1b. Analisa bahaya

11 Februari 2013
wuihhh lama sekali saya tidak memperbaharui blog ini, dari kesibukan - kesibukan pribadi hingga aktifitas pekerjaan. Maafin yahh.... :D Tapi percayalah, saya masih tetap ingin berbagi secara free terkait pengetahuan dan kemampuan saya melakukan set up sistem manajemen sesuai dengan ISO 

Posting kali ini merupakan lanjutan dari posting 


di link pertama saya memberikan gambaran singkat tentang dasar dari penerapan sistem manajemen K3 yatu dengan pemenuhan peraturan dan melakukan analisa resiko bahaya. Kemudian di link kedua saya memberikan gambaran bagaimana memenuhi peraturan yang dapat anda terapkan pada sistem manajemen K3 ataupun sistem manajemen lingkungan. Jadi di posting ini akan saya lanjutkan tahapan kedua yaitu melakukan analisa resiko bahaya terhadap aktifitas kegiatan. 

Dan sesungguhnya ini postingan yang paling susah karena begitu banyak teknik melakukan analisa resiko bahaya dalam pelaksanaan sistem manajemen K3. Setiap teknik dapat secara sah dilakukan pada setiap jenis perusahaan yang membedakan adalah kecocokan setiap teknik dengan jenis dan resiko bahaya pada aktivitas personil atau operasional perusahaan. Anda bisa menyebut teknik - teknik tersebut antara lain :
  1. HIRARC
  2. HAZOP
  3. Fault Tree Analysis
  4. FMEA
  5. dll 
Disini saya akan bahas tentang manajemen resiko dari sisi ISO dengan menampilkan ISO 31000:2009 sebagai landasan dalam penerapan analisa resiko bahaya pada operasional perusahaan dan aktivitas personil perusahaan. Kemudian di kesempatan lain saya akan coba membedah detil - detil teknik analisa bahaya yang  dapat dilakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan dari jenis perusahaan yang anda miliki. Secara umum anda dapat melakukan analisa bahaya dengan menggunakan 4 langkah sederhana yaitu 
  1. Risk identification
  2. Risk analysis
  3. Risk Response Plan
  4. Risk Monitoring and Control


maaf..penjelasannya disambung pada posting berikutnya. Silahkan anda klik tulisan langkah - langkah analisa bahaya di atas sesuai dengan urutan :) 

wrote by zulkhaidarsyah with spirit 4 share 
Semua Ilmu adalah Milik ALLAH semata.. kekurangan ilmu adalah semata2 karena keterbatasan kemampuan kami
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang